Makam Sunan Ampel Surabaya yang selalu ramai oleh peziarah | Tempat Wisata di Jawa Timur

Makam Sunan Ampel Surabaya yang selalu ramai oleh peziarah

Kawasan Wisata Religi sunan ampel merupakan kawasan wisata religi yang merupakan penyebar agama islam yang ada di jawa timur tepatnya berada di surabaya, setiap harinya yang selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah baik dari surabaya maupun dari nusantara, bahkan ada juga sesekali dari mancanegara.



Sejarah Singkat Sunan ampel sendiri merupakan salah satu wali diatara wali 9 yang menyebarkan agama islam di pulau jawa, Sunan Ampel yang bernama asli raden rahmat merupakan wali kelahiran champa dan menurut peneliti champa ada yang mengatakan dari kamboja dan juga berada di Aceh. sunan ampel merupakan anak dari maulana malik ibrahim atau dikenal juga dengan nama maulana maghribi atau juga sunan gresik.

Karomah Sunan Ampel: sebagai seorang wali Sunan ampel juga mempunyai bebarapa karomah dan menurut beberapa sumber karomah sunan ampel surabaya antara lain bisa menyeberangi sungai tanpa basah, kisah dengan anyam jago dan juga Masjid perahu terbalik.

Silsilah Sunan Ampel, Sunan ampel bila dirunut merupakan keturunan dari Nabi Muhammad, Silsilah Sunan Ampel antara lain:  Sunan Ampel bin - Maulana Malik Ibrahim  - Syaikh Jumadil Qubro - Ahmad Jalaludin Khan - Abdullah Khan - Abdul Malik Al-Muhajir - Alawi Ammil Faqih - Muhammad Sohib Mirbath - Ali Kholi' Qosam - Alawi Ats-Tsani - Muhammad Sohibus Saumi'ah - Alawi Awwal - Ubaidullah - Ahmad al-Muhajir - Isa Ar-Rumi - Muhammad An-Naqib - Ali Uraidhi - Ja'far ash-Shadiq - Muhammad al Baqir - Ali Zainal Abidin -  Husain - Ali bin Abi Thalib dan Fatimah az-Zahra -  Muhammad SAW.

Istri Sunan Ampel menurut beberapa versi mempunya 2 orang istri dan istri pertama sunan ampel adalah Dewei Condrowati atau juga dikenal dengan nyai ageng manila dan di pernikahan ini Sunan ampel dikaruniai 5 orang anak dan istri kedua sunan ampel bernama Dewi karimah dan di pernikahan kedua ini sunan ampel dikarunia 6 orang anak.

Anak Sunan Ampel berjumlah 11 orang dari 2 istri beliau dan dari istri dengan dewi condrowati beliau dikarunia anak bernama Maulana makdum ibrahim atau sunan bonang, raden qosim atau sunan drajat, Siti Syariah, siti mutmainah dan juga siti hafsah dan dengan istri dewi karimah beliau dikaruania anak bernama dewi mustasiyah istri sunan giri, dewi murtasimah istri raden patah, raden husamuddin, raden zainal abidin, pangeran tumapel dan juga raden faqih.

Santri Sunan Ampel sebenarnya sangatlah banyak bisa dibilang ribuan, namun dari ribuan tersebut ada beberapa yang hingga saat ini cukup dikenal dan dimakamkan juga disekitaran masjid sunan ampel yaitu mbah sholeh dan mbah bolong, untuk mbak sholeh dikenal karena memiliki makam sembilan sedangkan mbah bolong dikenal karena saat melobangi buat membenarkan arah kiblat saat pembangunan masjid sunan ampel, kelihatan ka'bah.

Alamat Makam Sunan Ampel Surabaya berada di Jl KH Mas Mansyur Kelurahan Ampel, Semampir, Surabaya.